Hello, Nippon!

Tahun ini banyak sekali perubahan yang terjadi ya sampai rasanya saya gak sanggup keep up sama hidup saya sendiri. Salah satu hal yang terjadi tahun ini adalah saya dan dua orang teman akhirnya memutuskan untuk mencoba mengirimkan abstrak penelitian ke konferensi. Telat ya? Yah memang itu alasannya hahaha. Kami merasa empat tahun kuliah kok sayang ya ngga coba ikutan konferensi, dan karena ini tahun terakhir kami, akhirnya yuklah mari maju maju mari maju maju mari maju maju. Semua dimulai saat semester 7. Di pertemuan awal kami membahas tujuan, keinginan, minat, dan ujung-ujungnya melebar ke hal-hal lain di luar riset haha tapi yah yang penting udah bisa menyamakan pandangan sebenarnya kegiatan kami ini mau dibawa kemana (meski masih abstrak bakal seperti apa).

Kemudian datanglah badai semester 7. Untuk anak Psiko UI 2012 pasti mengerti betapa semester 7 adalah semester laknat, termasuk di dalamnya tugas-tugas yang hanya akan selesai ketika semester sudah berakhir. Dengan kesibukan seperti itu, seringkali diskusi kami tertunda dan lebih sering mengobrol via grup di LINE. Akhirnya kami baru benar-benar bisa mengonsep dan melakukan ekseskusi di liburan semester 7. Bagi saya, mungkin tanpa sadar projek ini sekaligus menjadi eskapisme ketika harusnya mulai memikirkan skripsi haha. Ketika sudah selesai, kami mepet sekali mengirimkan abstrak ini ke konferensi tujuan. Setelah itu, waktu rasanya bergulir super cepat dan kami sudah dihadapkan pada s-k-r-i-p-s-i. Saya sendiri rasanya hampir lupa soal pengumuman seleksi abstrak karena tidak pernah ditengok lagi hingga di awal Maret saya mendapatkan sebuah email.

Saya ingat hari itu saya sedang di kampus, mengerjakan ini-itu. Sekitar setengah 3 sore hp saya memunculkan notifikasi ada email masuk. Saya yang sedang berjalan tetiba berhenti ketika melihat nama pengirim email. Selang beberapa lama setelah saya membacanya, hah apaan nih. Masih ga mudeng hahaha. Baru beberapa saat setelah saya baca ulang, loh loh loh serius nih??? Rasanya ngga percaya saat tahu bahwa abstrak yang kami kirimkan diterima untuk dipresentasikan secara lisan :’) Saat kedua orang teman saya tahu, mereka ribut bukan main padahal saat itu kami sedang di kantin yang cukup sepi hahaha. Singkat cerita, sambil mengurus skripsi, kami juga harus menyiapkan keperluan untuk konferensi ini. Salah satu hal yang harus kami pikirkan adalah….dana.

Kami mencoba berbagai cara untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dana, mulai dari universitas, fakultas, kirim proposal sponsor ke berbagai perusahaan, sampai kerjasama dengan salah satu perusahaan untuk jual ini-itu (saya ga akan nyebut brand nya di sini, tapi yang mereka lakukan ke kami itu…jahat hhh). Hasilnya gimana? Alhamdulillah universitas dan fakultas masih punya hati meski yah sistemnya reimburse (what do you expect eh). Ada perusahaan yang mau bantu? E-n-g-g-a-k. Kami udah pasrah aja mengingat waktu juga semakin mepet. Lalu, ingat ga saya pernah bilang di post sebelumnya kalau nearly all the best things in life came unexpected?

Hal itu saya rasakan lagi saat sedang mengurus ini. Di H-1 keberangkatan, teman saya dapat kabar kalau DAUKY Fashion Hijab bersedia memberikan bantuan :”) Sontak, kedua teman saya segera menghampiri kantornya untuk mengurus ini itu (sayangnya saya ngga bisa ikut karena sedang ada hal lain yang dikerjakan). Siapa yang nyangka udah mau berangkat e e eh ada rezeki menghampiri huhu. Bersyukur sekali rasanya (kalau ada orang DAUKY baca ini, thank you thank you very much for your support, that does mean a lot). Keesokan harinya kami berangkat ke Jepang (iya, Jepang, negara yang sudah menginvasi diri saya sejak kecil dengan berbagai manga-nya). Tepatnya ke Yokohama untuk menghadiri International Congress of Psychology yang ke-31. The rest was just impressive and memorable, sampai rasanya saya ngga mau pulang e tapi ingat sekarang sudah jadi beban negara, jadi harus mulai segera mereka-reka lagi, ke depannya hidup mau dibawa kemana.

Leave a Reply

