Quote: Sense of Belonging

Yang terpenting adalah sense of belonging kalian terhadap kepanitiaan ini, bukan hanya pada bidang kalian masing-masing. Kalau kalian menganggap kepanitiaan ini hanya untuk mengisi waktu luang dan main-main, mungkin kalian harus introspeksi diri.

Sense of belonging. Entah kapan terakhir kali saya merasakan hal ini dalam kepanitiaan yang saya ikuti. Yang di dalamnya saya benar-benar bekerja sepenuh hati. Sadar peran. Mengerti apa yang harus dilakukan. Sukarela. Rasa kelelahan-namun-senang yang muncul seusai kegiatan dilaksanakan. Kegiatan yang kalau ditanya kenapa saya mengikutinya, saya akan punya jawaban yang pasti.

Siang tadi, dalam sebuah pleno pertama salah satu kepanitiaan yang baru saya ikuti, quote di atas muncul dari salah seorang penanggung jawab kepanitiaan yang berasal dari fakultas. Lalu saya mengernyit, seakan hal itu tepat ditujukan untuk saya. Saya tidak tahu sejak kapan saya lupa apa itu sense of belonging, saya lupa rasanya kerja keras sepenuh hati. Saya lupa dengan keberanian mengemban tanggung jawab karena tahu kapasitas diri. Saya seperti menjelma seorang pengecut yang selalu lari menghindari amanah. Lemah sekali.

Semoga saya segera kembali menemukan pemahaman akan sense of belonging yang telah lama hilang.

Langkah pertama yang terpikirkan: berhenti mengeluh dan membuat keruh.

Langkah kedua: Jalani dengan penuh keikhlasan.

Amin.

Leave a Reply

