Quote: Sense of Belonging

Yang terpenting adalah sense of belonging kalian terhadap kepanitiaan ini, bukan hanya pada bidang kalian masing-masing. Kalau kalian menganggap kepanitiaan ini hanya untuk mengisi waktu luang dan main-main, mungkin kalian harus introspeksi diri.

Sense of belonging. Entah kapan terakhir kali saya merasakan hal ini dalam kepanitiaan yang saya ikuti. Yang di dalamnya saya benar-benar bekerja sepenuh hati. Sadar peran. Mengerti apa yang harus dilakukan. Sukarela. Rasa kelelahan-namun-senang yang muncul seusai kegiatan dilaksanakan. Kegiatan yang kalau ditanya kenapa saya mengikutinya, saya akan punya jawaban yang pasti.

Siang tadi, dalam sebuah pleno pertama salah satu kepanitiaan yang baru saya ikuti, quote di atas muncul dari salah seorang penanggung jawab kepanitiaan yang berasal dari fakultas. Lalu saya mengernyit, seakan hal itu tepat ditujukan untuk saya. Saya tidak tahu sejak kapan saya lupa apa itu sense of belonging, saya lupa rasanya kerja keras sepenuh hati. Saya lupa dengan keberanian mengemban tanggung jawab karena tahu kapasitas diri. Saya seperti menjelma seorang pengecut yang selalu lari menghindari amanah. Lemah sekali.

Semoga saya segera kembali menemukan pemahaman akan sense of belonging yang telah lama hilang.

Langkah pertama yang terpikirkan: berhenti mengeluh dan membuat keruh.

Langkah kedua: Jalani dengan penuh keikhlasan.

Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s